Jumat, 12 Mei 2017

PROPOSAL USAHA HAPSARI HIJAB


PROPOSAL BISNIS
HAPSARI HIJAB
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Dr. Drs. Sukirman S.Pd S.H M.M

Disusun oleh
Hapsari Hayuningtyas         201511109


 

MANAGEMENT
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017


Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini pada waktu yang telah di tentukan dan proposal ini sebagai tugas kuliah Kewirausahaan yang berjudul Proposal Bisnis Hapsari Hijab”.
Penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, sehingga penyusun mengharap kritik dan saran dari pembaca agar pembuatan makalah selanjutnya menjadi lebih baik. Dan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dalam proses pembuatan makalah ini, sehingga makalah ini dapat selesai tepat waktu. Semoga ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan kritik serta saran sangat kami butuhkan demi kesempurnaan makalah ini.
                                                                                                                       

Kudus, 28 Maret  2017
                                           

Hapsari Hayuningtyas




                                                                                                             



DAFTAR ISI
Kata Pengantar.......................................................................................................... i
Daftar Isi.................................................................................................................. ii
ABSTRAK............................................................................................................. iii
BAB I......... PENDAHULUAN
A... Latar Belakang............................................................................. 1
B... Rumusan Masalah........................................................................ 1
C... Tujuan.......................................................................................... 2
BAB II........ PROFIL PERUSAHAAN
A... Identifikasi Usaha ....................................................................... 3
B... Visi & Misi................................................................................... 3
C... Ruang Lingkup Usaha................................................................. 4
BAB III...... STUKTUR ORGANISASI
A... Susunan Personalia Dan Tugas Kerja.......................................... 5
BAB IV...... PRODUK USAHA
A... Gambaran Produk........................................................................ 7
BAB V........ ASPEK PEMASARAN
A... STP............................................................................................ 11
B... Faktor Kompetitor..................................................................... 12
C... Rencana Penjualan..................................................................... 14
BAB VI...... RENCANA KEUANGAN
A... Rencana Keuangan.................................................................... 15
BAB VII..... PENUTUP
A... Kesimpulan................................................................................ 17
DAFTAR PUSTAKA









ABSTRAK

Usaha Hapsari Hijab merupakan usaha yang memproduksi gamis dan khimat syar’i yang sesuai dengan syariat Islam, dimana akan membantu para muslimah yang ingin berhijrah dan menambah koleksi pakaiannya. Produk Hapsari Hijab nantinya selain akan memproduksi gamis dan khimar, akan menambah produknya yakni pada handsock serta kaos kaki, dan lainnya yang merupakan kebutuhan para muslimah. Perbedaan produk Hapsari Hijab dengan lainnya adalah pada bagian model dan motif, kualitas bahan, dan cutting. Dimana Hapsari Hijab memiliki banyak model dan motif yang menjadi pilihan dan dapat di sesuaikan menurut usia dan selera konsumen, kualitas bahan yang tidak abal-abal menjadikan khas tersendiri umtuk Hapsari Hijab, dan proses cutting yang sangat diperhatikan menjadikan produk Hapsari Hijab berkualitas dan di gemari masyarakat, terutama wilayah Kabupaten Kudus yang mana merupakan wilayah wisata Sunan Kudus dan Sunan Muria yang seringkali di datangi oleh para penziarah. Selain itu, bisnis ini dirasa sangat kompeten karena pesaingnya pun belum ada uang menjual produk sejenis.
Untuk strategi pemasaran Hapsari Hijab, kami akan mempromosikan produk kami via sosmed yang mana nantinya kami akan open reseller di tiap kota, seta kami akan mempromosikan produk kami juga lewat event misalnya bazar atau pameran sehingga semakin tau konsumen tentang produk kita. Untuk memuaskan konsumen, kami juga menampung kritik, saran dan ide melalui akun sosmed khusus dari kami, yang mana akan kami share dan rundingkan bersama para reseller kami. Dengan profit atau keuntungan kurang lebih Rp. 10.100.000 per bulan, maka usaha ini layak untuk dijalankan.
Biasanya berisi kesimpulan serta potensi usaha yang akan/ sedang anda jalankan.











BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya mayoritas muslim, berdasarkan Data Sensus Penduduk tahun 2010 diketahui bahwa jumlah umat muslim di indonesia mencapai 87,2% dari seluruh penduduk Indonesia. Tidak banyak muslimah yang berkenan menggunakan jilbab sesuai dengan syariat, hal tersebut dikarenakan adanya  anggapan dan persepsi masyarakat luas bahwa mereka yang menggunakan pakaian kurung seperti itu terlihat cupu dan tidak mengikuti perkembangan fashion. Selain itu, pakaian panjang biasanya digunakan oleh kalangan ibu ibu, sehingga ketika remaja atau dewasa muda yang menggunakannya akan di sebut dengan ibu-ibu.
Seiring berjalannya waktu, minat muslimah remaja untuk berjilbab sesuai dengan syariat sangat meningkat. Faktor yang menjadi penyebab peningkatan ini antara lain adalah munculnya film-film remaja yang berbau islami seperti Cahaya Cinta Pesantren yang membuat sebagian besar muslimah tertarik dan mengikuti pakaian yang di gunakan. Selain itu, banyak pula produsen fashion yang merancang dan membuat jilbab dan pakaian muslimah dengan model yang beraneka ragam dan modern namun tetap syar’i, ditambah lagi dengan maraknya online shop yang beredar saat ini semakin mempermudah kaum muslimah untuk mencari model gamis dan khimar syar’i yang mereka sukai. Model jilbab dan baju muslimah yang trendy dan tetap syar’i ini seakan menjadi solusi bagi mereka yang ragu untuk menutup auratnya karena takut terlihat cupu dan tidak modis untuk kemudian mantap memutuskan untuk berhijab.
Meningkatnya peminatan masyarakat muslimah terhadap gamis dan khimar syar’i ini telah merubah persepsi masyarakat tentang mereka yang menggunakan gamis dan khimar syar’i hanyalah kaum ibu-ibu dan ketinggalan zaman, karena ternyata banyak kaum remaja yang telah menggunakan gamis dan khimar syar’i ini karena desain yang di buat cenderung simple dan menggunakan warna pastel, dengan model yang beraneka ragam dan bisa di sesuaikan dengan usia dan model yang diinginkan. Sehingga saat ini, tidak sedikit muslimah yang ada di indonesia ini memantapkan untuk ‘hijrah’ menggunakan pakaian yang syar’i.
Maka, dari keadaan yang dipaparkan di atas, untuk menangkap peluang usaha yakni gamis dan khimar syar’i yang mana akan di fokuskan pada daerah Kabupaten Kudus yang mana sebagai tempat tinggal penulis dan peluang usahanya sangat menjanjikan karena masih sedikit produsen gamis dan khimarsyar’i diKabupaten Kudus ini.
B.     Rumusan Masalah
a)      Bagaimana agar memproduksi gamis dan khimar untuk membantu para muslimah di Kabupaten Kudus berhijrah (berpakaian sesuai syariat)?
b)      Bagaimana menghasilkan suatu produk yang berkualitas dan terlihat mewah namun cost nya masih dapat di jangkau oleh kalangan menengah kebawah?
C.    Tujuan
a)      Mahasiswa atau pembaca diharapkan mampu mengerti bagimana cara memproduksi gamis dan khimar syar’i dan dapat mengakap peluang yang ada.
b)      Mahasiswa atau pemmbaca diharapkan mampu berfikir kritis dan kreatif untuk mendirikan suatu usaha.






















BAB II
PROFIL PERUSAHAAN

  1. Identifikasi Usaha
Nama Usaha    : Hapsari Hijab
Pemilik Usaha : Hapsari Hayuningtyas
Alamat Usaha :
Contact Person: 081220333342
E-mail              : hijabhapsari@gmail.com
Facebook         : Hapsari Hijab
Twitter                        : @hijabhapsari
Blogger           : http//:hijabhapsari.blogspot.com
Instagram        : HijabHapsari
Line                 : @hapsarihijab
  1. Visi & Misi
Visi :
Menjadikan “Hijab Hapsari” sebagai usaha yang membantu dan menemani langkah muslimah untuk berhijrah (berpakaian syar’i) dan memodernkan gamis serta khimar syar’i sebagai icon muslimah sejati.
Misi :
1.      Mengutamakan kualitas dalam pelayanan.
2.      Berorientasi kepada kepuasan konsumen.
3.      Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan.
4.      Mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha atau lapangan pekerjaan.
  1. Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih dalam skala pemula, tetapi usaha ini sangat menjanjikan karena Hapsari Hijab mempunyai produk gamis dan khimar syar’i yang memiliki ciri khas tersendiri. Dimana produk kami memiliki banyak varian gamis dan khimar yang simple tetapi masih tetap mempertimbangkan kesyar’i-annya sehingga memiliki daya tarik tersendiri di kalangan muslimah yang ingin tampil syar’i modern, dan  khususnya daerah Kabupaten Kudus sendiri, yang masih sedikit yang memulai usaha sejenis ini.
Tujuan Usaha
·         Menerapkan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha
·         Mempopulerkan gamis dan khimar syar’i di kalangan remaja Kabupaten  Kudus
·         Membantu dan menemani muslimah dalam hijrahnya (berpakaian syar’i)
·         Mendapatkan keuntungan












BAB III
STRUKTUR ORGANISASI

Susunan Personalia Dan Tugas Kerja

Posisi
Deskripsi Tugas
Kompetensi
Pimpinan Usaha
-Bertanggungjawab terhadap kegiatan usaha yang dilakukan.
-Melakukan komunikasi secara internal mupun eksternal dengan pihak-pihak terkait perusahaan.
-Mengadakan training anggota.
-Mengambil keputusan stategis terhadap segala kemungkinan dalam proses usaha
-Mampu mengkoordinasikan segala sumber daya yang ada.
-Berpengalaman dalam bidang bisnis.
-Kemampuan sebagai seorang leader dan motivator bagi para anggota.
-Kemampuan menganalisis kemungkinan yang akan dihadapi dalam suatu usaha.
Manajemen Produksi
-Bertanggungjawab terhadap penyediaan bahan baku kelancaran proses produksi.
-Menentukan standar mutu produksi.
-Memahami teknik dan prinsip pengolahan produk.
Manajemen Pemasaran
-Menentukan sistem dan segmentasi pasar, kemasan, produk, dan riset pasar serta mampu menangani segala keluhan pelanggan.
-Membangun dan mengembangkan pasar.
-Bertanggung jawab terhadap distribusi produk.
-Konseptor dan berfikir analisis, mengenal daerah bisnis usaha di Kabupaten Kudus.
-Kemampuan membangun dan menguasai sistem pasar serta tindaklanjut sebuah usaha.
SDM dan Fasilitas

-Menyeleksi calon keryawan.
-Menyiapkan sarana, tempat, dan alat produksi usaha.
Bertanggung jawab atas kerusakaan atau kekurangan sarana produksi
-Kemampuan mengenal dan menilai calon karyawan yang layak seleksi.
Memahami menyediakan dan mengetahui cara perawatan aset-aset alat produksi usaha
Administrasi dan Keuangan


-Mencatat transaksi dan dokumentasi serta melakukan analisi keuangan.
-Mengelola keuangan usaha secara transparan dan accountable.
-Membuat laporan keuangan bulanan
-Mampu mengoperasikan komputer (min. microsoft word & excel).
-Mampu memahami ilmu analisis keuangan dan administrasi terkait usaha































BAB IV
PRODUK USAHA
  1. Gambaran Produk
Saat ini, Hapsari Hijab sudah memiliki beberapa koleksi gamis dan khimar syar’i daily yang bisa di gunakan untuk kegiatan sehari-hari yang di pasarkan secara online melalui instagram, tokopedia dan facebook. Namun untuk kedepannya, kami ingin menambah koleksi khimar dan jilbab syar’i dengan sedikit assesoris atau motif yang indah sehingga terlihat mewah dan dapat di gunakan acara formal maupun informal. Beberapa item tambahan untuk pelengkap pun akan kami sediakan seperti accesoris, kaos kaki wudhu, manset, inner jilbab dan beberapa kebutuhan muslimah lainnya. Adapun gambaran usaha di kemudian hari adalah selain memiliki toko online, kami ingin ingin memiliki toko offline yang di desain layaknya butik. Dimana dalamnya terdapat berbagai macam kebutuhan muslimah yang hendak berhijrah (berhijab syar’i) maupun untuk menambah koleksi bagi yang sudah hijrah. Sehingga nantinya toko kami akan membantu kebutuhan muslimah lainnya.
Dengan menyediakan kebutuhan secara lengkap, tentunya konsumen tidak akan merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan harian maupun ke acara formal seperti pesta sekalipun, karena Hapsari Hijab sudah menyediakan berbagai macam kebutuhan dengan kualitas yang baik, tempat yang nyaman serta tersedia banyak pilihan. Adapun produk utama madeena adalah:
1.      Hapsari khimar pesta
Hapsari khimar wedding adalah khimar syar’i yang longgar dan menutup dada yang panjangnya adalah 190cm dan lebarnya 140cm, model yang di gunakan adalah sejenis dengan pasmina semi instan. Bahan yang di gunakan adalah bahan shiffon, namun penggunaannya akan double sehingga ketika di gunakan akan terlihat mewah, tebal namun lembut. Selain itu, akan ada tambahan accesoris kepala maupun renda yang menambah kesan mewah khimar ini. Warna khimar wedding akan di buat sesuai dengan kebutuhan konsumen.


2.      Hapsari khimar daily
Tidak jauh berbeda dengan Hapsari khimar pesta, model yang di gunakan adalah pasmina semi instan dengan panjang 190cm dan lebar 140cm. Perbedaannya hanya terletak pada bahan dan accesoris yang di gunakan, untuk Hapsari khimar daily, kami menggunakan bahan diamond crepe yang cenderung lebih ringan dan accesoris yang lebih sederhana seperti list pinggir atau kerutan.
3.      Hapsari gamis daily
Hapsari gamis daily merupakan gamis yang kami produksi dengan bahan yang tidak membentuk badan, selain itu potongan modelnya pun tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Gamis daily nantinya akan kami produksi dengan bahan dasar katun jepang, baloteli dan sejenisnya. Bahan yang di gunakan adalah bahan yang tidak mudah kusut, jatuh jika di gunakan dan tidak membentuk badan serta tidak panas (menyerap keringat). Selain itu, akan kami beri aksen kancing untuk memudahkan muslimah untuk berwudhu.
4.      Hapsari gamis pesta
Untuk Hapsari gamis pesta, tentulah bahan yang di gunakan tidak sama dengan gamis daily, penggunaan bahan pun akan jauh lebih banyak. Bahan yang kami gunakan lebih dominan menggunakan bahan brokat (tebal) yang di lapisi dengan beberapa bahan dasar. Lapisan ini akan menambah kesan mewah namun tetap syar’i.
Namun, Khimar dan Gamis Pesta kami produksi untuk melengkapi kebutuhan sekunder dari muslimah, karena tentunya kami fokus pada gamis dan khimar syar’i daily. .
Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat Gamis dan Khimar daily adalah sebagai berikut:
Bahan-bahan yang di butuhkan:
1.      Bahan khimar syar’i, diamond crepe warna pastel, 10 meter yang akan dibagi dengan panjang 190cm dan lebar 140cm.
2.      Bahan gamis syar’i, katun jepang dan batoteli 250 meter per bahan.
3.      Kancing gamis, 1 kotak.
4.      Resleting, 25 buah.
5.      Pensil, untuk menggambar pola
6.      Jarum
7.      Mesin jahit
8.      Benang
Langkah pembuatan:
*Khimar daily
1.      Gambar pola khimar dengan pola memanjang dengan pensil diatas kertas pola, kemudian potong kertas pola dengan gunting berdasarkan gambar (pola). Panjang jilbab yang akan di buat adalah P: 190cm dan L: 130cm (berbentuk pasmina).
2.      Letakkan kertas pola diatas bahan diamond crepe, kemudian gunting bahan shiffon sesuai dengan pola kertas.
3.      Setelah di gunting sesuai dengan pola, jahit pinggiran (bekas potongan) dengan jahitan halus menggunakan mesin jahit. Dan di pastikan jahitan harus rapih.
4.      Kemudian pasang pet (busa) di bagian wajah kemudian di jahit, lalu jahit sedikit lingkar wajah sesuai dengan yang diinginkan (agar tidak perlu lagi menggunakan peniti /instan).
5.      Selanjutnya adalah buat aksen kerutan di ujung sisi kanan jilbab dengan karet benang (gunakan 3-4 baris benang).
6.      Khimar daily siap dikemas dengan plastik.
*Gamis daily
1. Pertama, siapkan kain katun jepang atau batotelli. Lebarnya  disesuaikan dengan ukuran yang hendak dibuat. 
2. Kemudian, fokus membuat lengan bagian atas. Untuk lengan, pipihkan bagian lengan, lalu tempel koran dan gambar sesuai bentuknya. Untuk bagian dada dan punggung, lipat baju menjadi dua lalu tempel dan gambar dikoran. Khusus bagian dada, lebihkan 1 cm untuk dipasang resleting.
3. Dari pola yang sudah dibuat, tempelkan kain yang sudah dilipat.
4. Lalu setelah dijahit sesuai pola tinggal memasang resletingnya. Setelah itu jahit bagian pundaknya.
5. Setelah itu jahit bagian lengannya.Daan yang selanjutnya membuat bagian bawahnya atau rok.
6. Gamis telah siap dikemas dengan plastik.














BAB V
ASPEK PEMASARAN
  1. STP
-Segmenting
1.      Demografis, Hapsari Hijab membagi segmen pasarnya berdasar pada gender perempuan dan usia remaja hingga dewasa. Dimana produk yang kami produksi, dapat di sesuaikan umur karena terdapat banyak motif dan model khusus yang membedakan sehingga bisa menyesuaikan antara khusus dewasa maupun usia remaja.
2.      Geografis, Hapsari Hijab membagi segmennya berdasar wilayah yakni Kabupaten Kudus, dimana Kudus merupakan daerah wisata ziarah Sunan Kudus dan Sunan Muria yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berziarah. Menjadikan semua itu sebagai peluang pasar bagi Hapsari Hijab sehingga memungkinkan lebih banyak konsumen yang tertarik dengan produk dari Hapsari Hijab.
3.      Psikologis, Hapsari Hijab membagi segmennya dengan pola perilaku dimana muslimah yang sadar akan syariat Islam akan lebih memilih produk dari Hapsari Hijab dimana produknya sesuai dengan ketentuan Islam. Maka memungkinkan muslimah lebih memilih produk dari Hapsari Hijab.
-Targeting
Hapsari hijab mentargetkan pasarnya pada perempuan dari usia remaja sampai dewasa. Dimana produk Hapsari Hijab tidak fokus hanya satu konsumen saja. Produk Hapsari Hijab memiliki banyak motif dan model yang nantinya bisa di sesuaikan umur dari konsumen, sehingga konsumen bisa memilih sesuai selera.
-Positioning
Hapsari hijab menempatkan produknya sebagai pelopor gamis dan khimar syar’i modern dan berkualitas, dimana Hapsari Hijab akan mempertimbangkan kualitas produk, dari bahan, perbedaan mptif, hingga cutting yang lebih besar, sehingga konsumen merasa puas dan senantiasa mempercayakan produk Hapsari Hijab dan akan menimbulkan efek loyalitas yang berguna bagi perusahaan Hapsari Hijab.



  1. Faktor Kompetitor
Sebelum membahas kompetitor, Hapsari Hijab akan menganalisa secara keseluruhan keadaan perusahaan melalui analisis SWOT, yaitu:
a.       Kekuatan
Kekuatan yang dimiliki Hapsari Hijab yakni bahan dan motif bahan yang digunakan, dimana  terdapat berbagai macam motif sehingga banak varian dan bahan yang digunakan berkualitas yang mana dari segi cutting juga di perhatikan dengan baik, dimana biasanya para produsen gamis dan khimar salah dalam pengambilan cutting tetapi khusus cutting dari produk Hapsari Hijab sangat diperhatikan sehingga konsumen dapat terpuaskan. Serta kekuatan dari produk Hapsari hijab adalah produknya yang sesuai syariat Islam yang mana akan membantu serta menemani para muslimah untuk berhijrah dengan budget yang minimal.
b.      Kelemahan
Kelemahan yang dimiliki Hapsari Hijab yakni sumber daya manusia bagian menjahit, yang mana harus memiliki penjahit khusus yang ahli dan berjumlah banyak untuk memaksimalkan produksi dan menjaga kualitas dari produk Hapsari Hijab. Keterbatsan penjahit yang ahli membuat Hapsari Hijab sering kewalaahan dalam hal produksi jika terdapat banyak pesananyang datang. Namun, hal tersebut tidak langsung menjadi masalah besar bagi Hapsari Hijab, yang mana dengan penjahit yang ada akan diusahakan produksi dengan maksimal dengan cara menambahkan jam kerja penjahit dan tentunya upah bonus sehingga penjahit yang telah ada menjadi semakin semangat.
c.       Peluang
Peluang ada yakni di daerah Kabupaten Kudus masih jarang yang memiliki produk sejenis Hapsari Hijab sehingga memungkin menjangkau banyak konsumen, khususnya para muslimah yang ingin berhijrah (menggunakan pakaian syar’i). Dimana nantinya Hapsari hijab tidak hanya memproduksi gamis dan khimar syar’i tetapi juga kebutuhan lainnya misalnya: handsock, kaos kaki dan lainnya.
d.      Ancaman
Ancaman yang kami hadapi lebih kepada mode fashion yang berubah-ubah. Dimana akan menjaga kejenuhan konsumen apabila produk kami tidak mengikuti mode yang ada, menjadikan kami harus selalu mengikuti mode tetapi tetap mempertahankan ciri khas kami, yakni tetap sesuai syariat agam Islam.

Perbandingan Hapsari Hijab dengan Kompetitor berdasar dengan 4P:
Analisis 4p
Hapsari Hijab
Kompetitor
Produk
-Gamis dan khimar seusia syariat Islam sehingga bisa menemani muslimah yang ingin berhijrah bahkan untuk tambahan koleksi bagi yang sudah berhijrah.
-Gamis dan khimar memiliki banyak model dan motif sehingga dapat di gunakan oleh usia remaja hingga dewasa.
-Busana muslimah yang mereka produksi hanya mengandalkan fashion saja tetapi belum memenuhi syariat Islam.
Price
-Harga gamis sekitar 180ribu-200ribu (tentunya kualitas bagus dan cutting berbeda)
-Harga khimar sekitar 50ribu-75ribu (sesuai dengan motif dan kualitas bahannya)
-Harga cenderung murah kisaran 80ribu-150ribu tetapi cutting tampak jelek dan biasanya bahannya tidak sesuai.
Place
-Sementara kita hanya fokus pada penjualan online dan belum memiliki store tetapi untuk yang ingin melihat langsung barangnya bisa ke rumah produksi kami
-Tidak menutup kemungkinan kita membuka peluang usaha reseller
-Kompetitor kami juga hanya sebatas toko online dan belum memiliki store
Promosi
-Promosi kami melalui sosmed, yakni: instagram, facebook, twitter, bbm, line.
-Untuk memperkenalkan produk ke kita ke konsumen kita akan mengikuti beberapa event seperti: bazar, yang mana melalui event tersebut kami akan memperkenalkan produk-produk kami.
Promosi melalui sosmed, yakni: instagram, facebook, dan lain-lain.

  1. Rencana Penjualan
Rencana kami akan mempromosikan produk kita melalui sosmed yang tersedia, yakni: instagram, twitter, facebook, line, bbm. Selain itu, kami akan mengikuti beberapa event guna untuk mempopulerkan dan memperkenalkan produk Hapsari Hijab. Serta kami juga mebuka peluang usaha untuk para peminat yang ingin menjadi reseler kita dimana mereka akan mendapat keuntungan dengan harga khusus reseller dan bonus lainnya jika sesuai target penjualannya. Di akhir bulan nantinya kami akan selalu membuat acara khusus reseller kita yang digunakan untuk tempat sharing dan berbagi pengalaman.
Hapsari Hijab juga nantinya akan membuka cabang reseller di tiap-tiap kota tak hanya di Kabupaten Kudus saja. Dan untuk memuaskan konsumen, Hapsari Hijab membuka sosmed yang di khususkan konsumen dari Hapsari Hijab yang memiliki keluhan, ide, dan semacamnya. Dimana keluhan, ide tersebut nantinya akan kita bahas dengan para reseller kami untuk memajukan Hapsari Hijab.











































BAB VI
RENCANA KEUANGAN

  1. Rencana Keuangan

a)      Biaya Pembelian Mesin
Biaya pembelian mesin, meliputi:
-Mesin pemotong kain 1 unit per unit Rp. 400.000=                          Rp.     400.000
-Membeli mesin jahit sebanyak 3 mesin per unitn Rp. 1.500.000=    Rp.  4.500.000
-Mesin obras sebanyak 1 unit, per unit nya Rp. 1.000.000=               Rp.  1.000.000
-Mesin pasang kancing 1 unit Rp. 500.000=                                      Rp.     500.000
-1 unit Komputer untuk pesanan dan stok=                                       Rp.  2.500.000
-Mesin Setrika 1 unit Rp. 300.000=                                                    Rp.     300.000
Jumlah keseluruhan                                                                         Rp.  8.900.000
b)     Biaya operasional per bulan
-Biaya tagihan listrik perbulan=                                                          Rp.      800.000
-Biaya transportasi untuk pengiriman barang per hari=                      Rp.        50.000
-Biaya makan siang perhari untuk 14 karyawan @Rp5000=             Rp.        70.000
-Gaji karyawan jahit 3 X Rp. 50.000=                                                Rp.      150.000
-Gaji karyawan obras 1 X Rp. 30.000=                                              Rp.        30.000
-Gaji karyawan penyetrika dan pengemasan Rp. 30.000X4=            Rp.      120.000
-Gaji tim kreatif Rp. 60.000 X 2=                                                      Rp.      120.000
-Gaji karyawan potong kain Rp 35.000 X 1=                                     Rp.        35.000
-Gaji tukang antar barang                                                                   Rp.        50.000
-Gaji karyawan administrasi dan gudang Rp. 80.000 X 2                  Rp.      160.000
Jumlah keseluruhan                                                                             Rp.   1.585.000
Jumlah keseluruhan perbulan, X 20 hari=                                     Rp.   4.625.000
c)      Biaya bahan baku per bulan
  roll kain baloteli Rp. 3.500.000=                                                  Rp    3.500.000
-¼ rol kain katun jepang Rp. 2.000.000=                                           Rp.   2.000.000
-¼ roll kain diamond crepe Rp. 2.000.000=                                       Rp.   2.000.000
-Benang Rp. 1500 X 100=                                                                  Rp.      150.000
-Resleting Rp. 500 X 250=                                                                 Rp.      125.000
-Kemasan Rp. 200 X 500=                                                                 Rp.      100.000
Jumlah keseluruhan=                                                                       Rp.   7.875.000

d)     Jumlah Keseluruhan Biaya
-Biaya pembelian mesin=                                                        Rp.   8.900.000
-Biaya per bulan secara keseluruhan=                         Rp. 12.500.000
Jumlah keseluruhan biaya=                                                 Rp. 21.400.000
e)      Arus kas penerimaan per bulan
-Rata-rata harga jual khimar Rp50.000 dan untuk gamis Rp. 180.000
30 potong x Rp. 50.000 x 30 hari=                                         Rp     4.500.000
5 potong x Rp. 180.000 x 30 hari=                                         Rp.  27.000.000
-Dikurangi semua biaya pengeluaran=                                    (Rp. 21.400.000)
-Keuntungan perbulan kami=                                             Rp   10.100.000

























BAB VII
PENUTUP

KESIMPULAN
Usaha Hapsari Hijab merupakan usaha yang memproduksi gamis dan khimat syar’i yang sesuai dengan syariat Islam, dimana akan membantu para muslimah yang ingin berhijrah dan menambah koleksi pakaiannya. Produk Hapsari Hijab nantinya selain akan memproduksi gamis dan khimar, akan menambah produknya yakni pada handsock serta kaos kaki, dan lainnya yang merupakan kebutuhan para muslimah. Perbedaan produk Hapsari Hijab dengan lainnya adalah pada bagian model dan motif, kualitas bahan, dan cutting. Dimana Hapsari Hijab memiliki banyak model dan motif yang menjadi pilihan dan dapat di sesuaikan menurut usia dan selera konsumen, kualitas bahan yang tidak abal-abal menjadikan khas tersendiri umtuk Hapsari Hijab, dan proses cutting yang sangat diperhatikan menjadikan produk Hapsari Hijab berkualitas dan di gemari masyarakat, terutama wilayah Kabupaten Kudus yang mana merupakan wilayah wisata Sunan Kudus dan Sunan Muria yang seringkali di datangi oleh para penziarah. Selain itu, bisnis ini dirasa sangat kompeten karena pesaingnya pun belum ada uang menjual produk sejenis.
Untuk strategi pemasaran Hapsari Hijab, kami akan mempromosikan produk kami via sosmed yang mana nantinya kami akan open reseller di tiap kota, seta kami akan mempromosikan produk kami juga lewat event misalnya bazar atau pameran sehingga semakin tau konsumen tentang produk kita. Untuk memuaskan konsumen, kami juga menampung kritik, saran dan ide melalui akun sosmed khusus dari kami, yang mana akan kami share dan rundingkan bersama para reseller kami. Dengan profit atau keuntungan kurang lebih Rp. 10.100.000 per bulan, maka usaha ini layak untuk dijalankan.












DAFTAR PUSTAKA


Sukirman. 2014. Kewirausahaan (Kasus dan Implementasi). Edisi 7. Galaksi Nusindo: Semarang







Tidak ada komentar:

Posting Komentar