PROPOSAL
BISNIS
HAPSARI
HIJAB
Disusun Untuk Memenuhi
Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Dr.
Drs. Sukirman S.Pd S.H M.M
Disusun oleh
Hapsari Hayuningtyas 201511109

MANAGEMENT
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017
Kata Pengantar
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penyusun dapat
menyelesaikan makalah ini pada waktu yang telah di tentukan dan
proposal
ini sebagai tugas kuliah Kewirausahaan yang berjudul “Proposal Bisnis Hapsari Hijab”.
Penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, sehingga penyusun mengharap kritik
dan saran dari pembaca agar pembuatan makalah selanjutnya menjadi lebih baik.
Dan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dalam proses
pembuatan makalah ini, sehingga makalah ini dapat selesai tepat waktu. Semoga ini
dapat bermanfaat bagi pembaca dan kritik serta saran sangat kami butuhkan demi
kesempurnaan makalah ini.
Kudus, 28 Maret 2017
Hapsari
Hayuningtyas
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar.......................................................................................................... i
Daftar
Isi.................................................................................................................. ii
ABSTRAK............................................................................................................. iii
BAB I......... PENDAHULUAN
A... Latar Belakang............................................................................. 1
B... Rumusan Masalah........................................................................ 1
C... Tujuan.......................................................................................... 2
BAB II........ PROFIL PERUSAHAAN
A... Identifikasi Usaha ....................................................................... 3
B... Visi & Misi................................................................................... 3
C... Ruang Lingkup Usaha................................................................. 4
BAB III...... STUKTUR ORGANISASI
A... Susunan
Personalia Dan Tugas Kerja.......................................... 5
BAB IV...... PRODUK USAHA
A... Gambaran
Produk........................................................................ 7
BAB V........ ASPEK PEMASARAN
A... STP............................................................................................ 11
B... Faktor
Kompetitor..................................................................... 12
C... Rencana
Penjualan..................................................................... 14
BAB VI...... RENCANA KEUANGAN
A... Rencana
Keuangan.................................................................... 15
BAB VII..... PENUTUP
A... Kesimpulan................................................................................ 17
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Usaha Hapsari Hijab merupakan usaha yang memproduksi
gamis dan khimat syar’i yang sesuai dengan syariat Islam, dimana akan membantu
para muslimah yang ingin berhijrah dan menambah koleksi pakaiannya. Produk
Hapsari Hijab nantinya selain akan memproduksi gamis dan khimar, akan menambah
produknya yakni pada handsock serta kaos kaki, dan lainnya yang merupakan
kebutuhan para muslimah. Perbedaan produk Hapsari Hijab dengan lainnya adalah
pada bagian model dan motif, kualitas bahan, dan cutting. Dimana Hapsari Hijab
memiliki banyak model dan motif yang menjadi pilihan dan dapat di sesuaikan
menurut usia dan selera konsumen, kualitas bahan yang tidak abal-abal
menjadikan khas tersendiri umtuk Hapsari Hijab, dan proses cutting yang sangat diperhatikan
menjadikan produk Hapsari Hijab berkualitas dan di gemari masyarakat, terutama
wilayah Kabupaten Kudus yang mana merupakan wilayah wisata Sunan Kudus dan
Sunan Muria yang seringkali di datangi oleh para penziarah. Selain itu, bisnis
ini dirasa sangat kompeten karena pesaingnya pun belum ada uang menjual produk
sejenis.
Untuk strategi pemasaran Hapsari Hijab, kami akan
mempromosikan produk kami via sosmed yang mana nantinya kami akan open reseller
di tiap kota, seta kami akan mempromosikan produk kami juga lewat event
misalnya bazar atau pameran sehingga semakin tau konsumen tentang produk kita.
Untuk memuaskan konsumen, kami juga menampung kritik, saran dan ide melalui
akun sosmed khusus dari kami, yang mana akan kami share dan rundingkan bersama
para reseller kami. Dengan profit atau keuntungan kurang lebih Rp. 10.100.000
per bulan, maka usaha ini layak untuk dijalankan.
Biasanya berisi
kesimpulan serta potensi usaha yang akan/ sedang anda jalankan.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Indonesia
merupakan salah satu negara yang penduduknya mayoritas muslim, berdasarkan Data
Sensus Penduduk tahun 2010 diketahui bahwa jumlah umat muslim di indonesia
mencapai 87,2% dari seluruh penduduk Indonesia. Tidak banyak muslimah yang
berkenan menggunakan jilbab sesuai dengan syariat, hal tersebut dikarenakan
adanya anggapan dan persepsi masyarakat
luas bahwa mereka yang menggunakan pakaian kurung seperti itu terlihat cupu dan
tidak mengikuti perkembangan fashion. Selain itu, pakaian panjang biasanya digunakan
oleh kalangan ibu ibu, sehingga ketika remaja atau dewasa muda yang
menggunakannya akan di sebut dengan ibu-ibu.
Seiring
berjalannya waktu, minat muslimah remaja untuk berjilbab sesuai dengan syariat
sangat meningkat. Faktor yang menjadi penyebab peningkatan ini antara lain
adalah munculnya film-film remaja yang berbau islami seperti Cahaya Cinta
Pesantren yang membuat sebagian besar muslimah tertarik dan mengikuti pakaian
yang di gunakan. Selain itu, banyak pula produsen fashion yang merancang dan
membuat jilbab dan pakaian muslimah dengan model yang beraneka ragam dan modern
namun tetap syar’i, ditambah lagi dengan maraknya online shop yang beredar saat
ini semakin mempermudah kaum muslimah untuk mencari model gamis dan khimar
syar’i yang mereka sukai. Model jilbab dan baju muslimah yang trendy dan tetap
syar’i ini seakan menjadi solusi bagi mereka yang ragu untuk menutup auratnya
karena takut terlihat cupu dan tidak modis untuk kemudian mantap memutuskan
untuk berhijab.
Meningkatnya
peminatan masyarakat muslimah terhadap gamis dan khimar syar’i ini telah
merubah persepsi masyarakat tentang mereka yang menggunakan gamis dan khimar
syar’i hanyalah kaum ibu-ibu dan ketinggalan zaman, karena ternyata banyak kaum
remaja yang telah menggunakan gamis dan khimar syar’i ini karena desain yang di
buat cenderung simple dan menggunakan warna pastel, dengan model yang beraneka
ragam dan bisa di sesuaikan dengan usia dan model yang diinginkan. Sehingga
saat ini, tidak sedikit muslimah yang ada di indonesia ini memantapkan untuk
‘hijrah’ menggunakan pakaian yang syar’i.
Maka,
dari keadaan yang dipaparkan di atas, untuk menangkap peluang usaha yakni gamis
dan khimar syar’i yang mana akan di fokuskan pada daerah Kabupaten Kudus yang
mana sebagai tempat tinggal penulis dan peluang usahanya sangat menjanjikan
karena masih sedikit produsen gamis dan khimarsyar’i diKabupaten Kudus ini.
B.
Rumusan
Masalah
a)
Bagaimana agar memproduksi
gamis dan khimar untuk membantu para muslimah di Kabupaten Kudus berhijrah
(berpakaian sesuai syariat)?
b)
Bagaimana menghasilkan suatu
produk yang berkualitas dan terlihat mewah namun cost nya masih dapat di
jangkau oleh kalangan menengah kebawah?
C.
Tujuan
a)
Mahasiswa atau pembaca diharapkan mampu mengerti
bagimana cara memproduksi gamis dan khimar syar’i dan dapat mengakap peluang
yang ada.
b)
Mahasiswa atau pemmbaca diharapkan mampu berfikir
kritis dan kreatif untuk mendirikan suatu usaha.
BAB
II
PROFIL
PERUSAHAAN
- Identifikasi Usaha
Nama
Usaha : Hapsari Hijab
Pemilik
Usaha : Hapsari Hayuningtyas
Alamat
Usaha :
Contact
Person: 081220333342
E-mail : hijabhapsari@gmail.com
Facebook : Hapsari Hijab
Twitter : @hijabhapsari
Blogger : http//:hijabhapsari.blogspot.com
Instagram : HijabHapsari
Line : @hapsarihijab
- Visi & Misi
Visi :
Menjadikan “Hijab Hapsari” sebagai usaha yang membantu
dan menemani langkah muslimah untuk berhijrah (berpakaian syar’i) dan
memodernkan gamis serta khimar syar’i sebagai icon muslimah sejati.
Misi :
1.
Mengutamakan
kualitas dalam pelayanan.
2.
Berorientasi
kepada kepuasan konsumen.
3.
Mengembangkan
inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan.
4.
Mengembangkan
usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha atau lapangan
pekerjaan.
- Ruang Lingkup
Usaha
Ruang lingkup usaha yang
kami rintis ini masih dalam skala pemula, tetapi usaha ini sangat menjanjikan
karena Hapsari Hijab mempunyai produk gamis dan khimar syar’i yang memiliki
ciri khas tersendiri. Dimana produk kami memiliki banyak varian gamis dan khimar
yang simple tetapi masih tetap mempertimbangkan kesyar’i-annya sehingga
memiliki daya tarik tersendiri di kalangan muslimah yang ingin tampil syar’i
modern, dan khususnya daerah Kabupaten
Kudus sendiri, yang masih sedikit yang memulai usaha sejenis ini.
Tujuan Usaha
·
Menerapkan
kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha
·
Mempopulerkan
gamis dan khimar syar’i di kalangan remaja Kabupaten Kudus
·
Membantu
dan menemani muslimah dalam hijrahnya (berpakaian syar’i)
·
Mendapatkan
keuntungan
BAB
III
STRUKTUR
ORGANISASI
Susunan Personalia Dan
Tugas Kerja
Posisi
|
Deskripsi Tugas
|
Kompetensi
|
Pimpinan Usaha
|
-Bertanggungjawab
terhadap kegiatan usaha yang dilakukan.
-Melakukan
komunikasi secara internal mupun eksternal dengan pihak-pihak terkait
perusahaan.
-Mengadakan training anggota.
-Mengambil keputusan stategis terhadap
segala kemungkinan dalam proses usaha
|
-Mampu
mengkoordinasikan segala sumber daya yang ada.
-Berpengalaman
dalam bidang bisnis.
-Kemampuan
sebagai seorang leader dan motivator bagi para anggota.
-Kemampuan
menganalisis kemungkinan yang akan dihadapi dalam suatu usaha.
|
Manajemen Produksi
|
-Bertanggungjawab
terhadap penyediaan bahan baku kelancaran proses produksi.
-Menentukan
standar mutu produksi.
|
-Memahami teknik dan prinsip pengolahan produk.
|
Manajemen Pemasaran
|
-Menentukan
sistem dan segmentasi pasar, kemasan, produk, dan riset pasar serta mampu
menangani segala keluhan pelanggan.
-Membangun
dan mengembangkan pasar.
-Bertanggung
jawab terhadap distribusi produk.
|
-Konseptor dan
berfikir analisis, mengenal daerah bisnis usaha di Kabupaten Kudus.
-Kemampuan membangun
dan menguasai sistem pasar serta tindaklanjut sebuah usaha.
|
SDM dan Fasilitas
|
-Menyeleksi calon
keryawan.
-Menyiapkan sarana, tempat, dan alat produksi usaha.
Bertanggung jawab atas kerusakaan atau kekurangan
sarana produksi
|
-Kemampuan mengenal dan menilai calon karyawan yang
layak seleksi.
Memahami menyediakan dan mengetahui cara perawatan
aset-aset alat produksi usaha
|
Administrasi dan Keuangan
|
-Mencatat transaksi dan dokumentasi serta melakukan
analisi keuangan.
-Mengelola
keuangan usaha secara transparan dan accountable.
-Membuat
laporan keuangan bulanan
|
-Mampu mengoperasikan komputer (min. microsoft word
& excel).
-Mampu memahami ilmu analisis keuangan dan
administrasi terkait usaha
|
BAB
IV
PRODUK
USAHA
- Gambaran Produk
Saat
ini, Hapsari Hijab sudah memiliki beberapa koleksi gamis dan khimar syar’i
daily yang bisa di gunakan untuk kegiatan sehari-hari yang di pasarkan secara
online melalui instagram, tokopedia dan facebook. Namun untuk kedepannya, kami
ingin menambah koleksi khimar dan jilbab syar’i dengan sedikit assesoris atau
motif yang indah sehingga terlihat mewah dan dapat di gunakan acara formal
maupun informal. Beberapa item tambahan untuk pelengkap pun akan kami sediakan
seperti accesoris, kaos kaki wudhu, manset, inner jilbab dan beberapa kebutuhan
muslimah lainnya. Adapun gambaran usaha di kemudian hari adalah selain memiliki
toko online, kami ingin ingin memiliki toko offline yang di desain layaknya
butik. Dimana dalamnya terdapat berbagai macam kebutuhan muslimah yang hendak
berhijrah (berhijab syar’i) maupun untuk menambah koleksi bagi yang sudah
hijrah. Sehingga nantinya toko kami akan membantu kebutuhan muslimah lainnya.
Dengan
menyediakan kebutuhan secara lengkap, tentunya konsumen tidak akan merasa
kesulitan dalam memenuhi kebutuhan harian maupun ke acara formal seperti pesta
sekalipun, karena Hapsari Hijab sudah menyediakan berbagai macam kebutuhan
dengan kualitas yang baik, tempat yang nyaman serta tersedia banyak pilihan. Adapun
produk utama madeena adalah:
1. Hapsari
khimar pesta
Hapsari
khimar wedding adalah khimar syar’i yang longgar dan menutup dada yang
panjangnya adalah 190cm dan lebarnya 140cm, model yang di gunakan adalah
sejenis dengan pasmina semi instan. Bahan yang di gunakan adalah bahan shiffon,
namun penggunaannya akan double sehingga ketika di gunakan akan terlihat mewah,
tebal namun lembut. Selain itu, akan ada tambahan accesoris kepala maupun renda
yang menambah kesan mewah khimar ini. Warna khimar wedding akan di buat sesuai
dengan kebutuhan konsumen.
2. Hapsari
khimar daily
Tidak
jauh berbeda dengan Hapsari khimar pesta, model yang di gunakan adalah pasmina
semi instan dengan panjang 190cm dan lebar 140cm. Perbedaannya hanya terletak
pada bahan dan accesoris yang di gunakan, untuk Hapsari khimar daily, kami
menggunakan bahan diamond crepe yang cenderung lebih ringan dan accesoris yang
lebih sederhana seperti list pinggir atau kerutan.
3. Hapsari
gamis daily
Hapsari
gamis daily merupakan gamis yang kami produksi dengan bahan yang tidak
membentuk badan, selain itu potongan modelnya pun tidak memperlihatkan lekuk
tubuh. Gamis daily nantinya akan kami produksi dengan bahan dasar katun jepang,
baloteli dan sejenisnya. Bahan yang di gunakan adalah bahan yang tidak mudah
kusut, jatuh jika di gunakan dan tidak membentuk badan serta tidak panas (menyerap
keringat). Selain itu, akan kami beri aksen kancing untuk memudahkan muslimah
untuk berwudhu.
4. Hapsari
gamis pesta
Untuk Hapsari
gamis pesta, tentulah bahan yang di gunakan tidak sama dengan gamis daily,
penggunaan bahan pun akan jauh lebih banyak. Bahan yang kami gunakan lebih
dominan menggunakan bahan brokat (tebal) yang di lapisi dengan beberapa bahan
dasar. Lapisan ini akan menambah kesan mewah namun tetap syar’i.
Namun, Khimar
dan Gamis Pesta kami produksi untuk melengkapi kebutuhan sekunder dari
muslimah, karena tentunya kami fokus pada gamis dan khimar syar’i daily. .
Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat Gamis dan Khimar daily adalah sebagai berikut:
Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat Gamis dan Khimar daily adalah sebagai berikut:
Bahan-bahan
yang di butuhkan:
1. Bahan
khimar syar’i, diamond crepe warna pastel, 10 meter yang akan dibagi dengan
panjang 190cm dan lebar 140cm.
2. Bahan
gamis syar’i, katun jepang dan batoteli 250 meter per bahan.
3. Kancing
gamis, 1 kotak.
4. Resleting,
25 buah.
5. Pensil,
untuk menggambar pola
6. Jarum
7. Mesin
jahit
8. Benang
Langkah
pembuatan:
*Khimar
daily
1. Gambar
pola khimar dengan pola memanjang dengan pensil diatas kertas pola, kemudian
potong kertas pola dengan gunting berdasarkan gambar (pola). Panjang jilbab
yang akan di buat adalah P: 190cm dan L: 130cm (berbentuk pasmina).
2. Letakkan
kertas pola diatas bahan diamond crepe, kemudian gunting bahan shiffon sesuai
dengan pola kertas.
3. Setelah
di gunting sesuai dengan pola, jahit pinggiran (bekas potongan) dengan jahitan
halus menggunakan mesin jahit. Dan di pastikan jahitan harus rapih.
4. Kemudian
pasang pet (busa) di bagian wajah kemudian di jahit, lalu jahit sedikit lingkar
wajah sesuai dengan yang diinginkan (agar tidak perlu lagi menggunakan peniti
/instan).
5. Selanjutnya
adalah buat aksen kerutan di ujung sisi kanan jilbab dengan karet benang
(gunakan 3-4 baris benang).
6. Khimar
daily siap dikemas dengan plastik.
*Gamis
daily
1.
Pertama, siapkan kain katun jepang atau batotelli. Lebarnya disesuaikan dengan ukuran yang hendak
dibuat.
2.
Kemudian, fokus membuat lengan bagian atas. Untuk lengan, pipihkan bagian
lengan, lalu tempel koran dan gambar sesuai bentuknya. Untuk bagian dada dan
punggung, lipat baju menjadi dua lalu tempel dan gambar dikoran. Khusus bagian
dada, lebihkan 1 cm untuk dipasang resleting.
3. Dari
pola yang sudah dibuat, tempelkan kain yang sudah dilipat.
4. Lalu
setelah dijahit sesuai pola tinggal memasang resletingnya. Setelah itu jahit
bagian pundaknya.
5.
Setelah itu jahit bagian lengannya.Daan yang selanjutnya membuat bagian
bawahnya atau rok.
6. Gamis
telah siap dikemas dengan plastik.
BAB V
ASPEK
PEMASARAN
- STP
-Segmenting
1.
Demografis, Hapsari Hijab membagi segmen pasarnya
berdasar pada gender perempuan dan usia remaja hingga dewasa. Dimana produk
yang kami produksi, dapat di sesuaikan umur karena terdapat banyak motif dan
model khusus yang membedakan sehingga bisa menyesuaikan antara khusus dewasa
maupun usia remaja.
2.
Geografis, Hapsari Hijab membagi segmennya berdasar
wilayah yakni Kabupaten Kudus, dimana Kudus merupakan daerah wisata ziarah
Sunan Kudus dan Sunan Muria yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin
berziarah. Menjadikan semua itu sebagai peluang pasar bagi Hapsari Hijab sehingga
memungkinkan lebih banyak konsumen yang tertarik dengan produk dari Hapsari
Hijab.
3.
Psikologis, Hapsari Hijab membagi segmennya dengan
pola perilaku dimana muslimah yang sadar akan syariat Islam akan lebih memilih
produk dari Hapsari Hijab dimana produknya sesuai dengan ketentuan Islam. Maka
memungkinkan muslimah lebih memilih produk dari Hapsari Hijab.
-Targeting
Hapsari hijab mentargetkan
pasarnya pada perempuan dari usia remaja sampai dewasa. Dimana produk Hapsari
Hijab tidak fokus hanya satu konsumen saja. Produk Hapsari Hijab memiliki
banyak motif dan model yang nantinya bisa di sesuaikan umur dari konsumen,
sehingga konsumen bisa memilih sesuai selera.
-Positioning
Hapsari hijab menempatkan
produknya sebagai pelopor gamis dan khimar syar’i modern dan berkualitas,
dimana Hapsari Hijab akan mempertimbangkan kualitas produk, dari bahan,
perbedaan mptif, hingga cutting yang lebih besar, sehingga konsumen merasa puas
dan senantiasa mempercayakan produk Hapsari Hijab dan akan menimbulkan efek
loyalitas yang berguna bagi perusahaan Hapsari Hijab.
- Faktor Kompetitor
Sebelum membahas kompetitor,
Hapsari Hijab akan menganalisa secara keseluruhan keadaan perusahaan melalui
analisis SWOT, yaitu:
a.
Kekuatan
Kekuatan yang dimiliki
Hapsari Hijab yakni bahan dan motif bahan yang digunakan, dimana terdapat berbagai macam motif sehingga banak
varian dan bahan yang digunakan berkualitas yang mana dari segi cutting juga di
perhatikan dengan baik, dimana biasanya para produsen gamis dan khimar salah
dalam pengambilan cutting tetapi khusus cutting dari produk Hapsari Hijab
sangat diperhatikan sehingga konsumen dapat terpuaskan. Serta kekuatan dari
produk Hapsari hijab adalah produknya yang sesuai syariat Islam yang mana akan
membantu serta menemani para muslimah untuk berhijrah dengan budget yang
minimal.
b.
Kelemahan
Kelemahan yang dimiliki
Hapsari Hijab yakni sumber daya manusia bagian menjahit, yang mana harus
memiliki penjahit khusus yang ahli dan berjumlah banyak untuk memaksimalkan
produksi dan menjaga kualitas dari produk Hapsari Hijab. Keterbatsan penjahit
yang ahli membuat Hapsari Hijab sering kewalaahan dalam hal produksi jika
terdapat banyak pesananyang datang. Namun, hal tersebut tidak langsung menjadi
masalah besar bagi Hapsari Hijab, yang mana dengan penjahit yang ada akan
diusahakan produksi dengan maksimal dengan cara menambahkan jam kerja penjahit
dan tentunya upah bonus sehingga penjahit yang telah ada menjadi semakin
semangat.
c.
Peluang
Peluang ada yakni di daerah
Kabupaten Kudus masih jarang yang memiliki produk sejenis Hapsari Hijab
sehingga memungkin menjangkau banyak konsumen, khususnya para muslimah yang
ingin berhijrah (menggunakan pakaian syar’i). Dimana nantinya Hapsari hijab
tidak hanya memproduksi gamis dan khimar syar’i tetapi juga kebutuhan lainnya
misalnya: handsock, kaos kaki dan lainnya.
d.
Ancaman
Ancaman yang kami hadapi
lebih kepada mode fashion yang berubah-ubah. Dimana akan menjaga kejenuhan
konsumen apabila produk kami tidak mengikuti mode yang ada, menjadikan kami
harus selalu mengikuti mode tetapi tetap mempertahankan ciri khas kami, yakni
tetap sesuai syariat agam Islam.
Perbandingan Hapsari Hijab dengan Kompetitor berdasar
dengan 4P:
Analisis
4p
|
Hapsari
Hijab
|
Kompetitor
|
Produk
|
-Gamis dan khimar seusia syariat Islam sehingga bisa menemani muslimah
yang ingin berhijrah bahkan untuk tambahan koleksi bagi yang sudah berhijrah.
-Gamis dan khimar memiliki banyak model dan motif sehingga dapat di
gunakan oleh usia remaja hingga dewasa.
|
-Busana muslimah yang mereka produksi hanya mengandalkan fashion saja
tetapi belum memenuhi syariat Islam.
|
Price
|
-Harga gamis sekitar 180ribu-200ribu (tentunya kualitas bagus dan
cutting berbeda)
-Harga khimar sekitar 50ribu-75ribu (sesuai dengan motif dan kualitas
bahannya)
|
-Harga cenderung murah kisaran 80ribu-150ribu tetapi cutting tampak
jelek dan biasanya bahannya tidak sesuai.
|
Place
|
-Sementara kita hanya fokus pada penjualan online dan belum memiliki
store tetapi untuk yang ingin melihat langsung barangnya bisa ke rumah
produksi kami
-Tidak menutup kemungkinan kita membuka peluang usaha reseller
|
-Kompetitor kami juga hanya sebatas toko online dan belum memiliki
store
|
Promosi
|
-Promosi kami melalui sosmed, yakni: instagram, facebook, twitter, bbm,
line.
-Untuk memperkenalkan produk ke kita ke konsumen kita akan mengikuti
beberapa event seperti: bazar, yang mana melalui event tersebut kami akan
memperkenalkan produk-produk kami.
|
Promosi melalui sosmed, yakni: instagram, facebook, dan lain-lain.
|
- Rencana Penjualan
Rencana kami akan mempromosikan produk kita melalui sosmed yang tersedia,
yakni: instagram, twitter, facebook, line, bbm. Selain itu, kami akan mengikuti
beberapa event guna untuk mempopulerkan dan memperkenalkan produk Hapsari
Hijab. Serta kami juga mebuka peluang usaha untuk para peminat yang ingin menjadi
reseler kita dimana mereka akan mendapat keuntungan dengan harga khusus
reseller dan bonus lainnya jika sesuai target penjualannya. Di akhir bulan
nantinya kami akan selalu membuat acara khusus reseller kita yang digunakan
untuk tempat sharing dan berbagi pengalaman.
Hapsari Hijab juga nantinya akan membuka cabang reseller di tiap-tiap
kota tak hanya di Kabupaten Kudus saja. Dan untuk memuaskan konsumen, Hapsari
Hijab membuka sosmed yang di khususkan konsumen dari Hapsari Hijab yang
memiliki keluhan, ide, dan semacamnya. Dimana keluhan, ide tersebut nantinya
akan kita bahas dengan para reseller kami untuk memajukan Hapsari Hijab.
BAB VI
RENCANA KEUANGAN
- Rencana Keuangan
a) Biaya
Pembelian Mesin
Biaya pembelian mesin, meliputi:
-Mesin pemotong kain 1 unit per unit Rp. 400.000= Rp. 400.000
-Membeli mesin jahit sebanyak 3 mesin per unitn Rp. 1.500.000= Rp.
4.500.000
-Mesin obras sebanyak 1 unit, per unit nya Rp.
1.000.000= Rp. 1.000.000
-Mesin pasang kancing 1 unit Rp. 500.000= Rp. 500.000
-1 unit Komputer untuk pesanan dan stok= Rp. 2.500.000
-Mesin Setrika 1 unit Rp. 300.000= Rp. 300.000
Jumlah keseluruhan Rp. 8.900.000
b) Biaya
operasional per bulan
-Biaya tagihan listrik perbulan= Rp. 800.000
-Biaya transportasi untuk pengiriman barang per hari= Rp. 50.000
-Biaya makan siang perhari untuk 14 karyawan @Rp5000= Rp. 70.000
-Gaji karyawan jahit 3 X Rp. 50.000= Rp. 150.000
-Gaji karyawan obras 1 X Rp. 30.000= Rp.
30.000
-Gaji karyawan penyetrika dan pengemasan Rp.
30.000X4= Rp. 120.000
-Gaji tim kreatif Rp. 60.000 X 2= Rp. 120.000
-Gaji karyawan potong kain Rp 35.000 X 1= Rp. 35.000
-Gaji tukang antar barang Rp. 50.000
-Gaji karyawan administrasi dan gudang Rp. 80.000 X 2 Rp. 160.000
Jumlah keseluruhan Rp. 1.585.000
Jumlah keseluruhan perbulan, X 20 hari= Rp. 4.625.000
c) Biaya
bahan baku per bulan
-¼ roll kain
baloteli Rp. 3.500.000= Rp 3.500.000
-¼ rol kain katun jepang Rp. 2.000.000= Rp. 2.000.000
-¼ roll kain diamond crepe Rp. 2.000.000= Rp. 2.000.000
-Benang Rp. 1500 X 100= Rp. 150.000
-Resleting Rp. 500 X 250= Rp. 125.000
-Kemasan Rp. 200 X 500= Rp. 100.000
Jumlah
keseluruhan= Rp. 7.875.000
d) Jumlah
Keseluruhan Biaya
-Biaya pembelian mesin= Rp. 8.900.000
-Biaya per bulan secara keseluruhan= Rp. 12.500.000
Jumlah keseluruhan biaya= Rp.
21.400.000
e) Arus
kas penerimaan per bulan
-Rata-rata harga jual khimar Rp50.000 dan untuk gamis
Rp. 180.000
30 potong x Rp. 50.000 x 30 hari= Rp 4.500.000
5 potong x Rp. 180.000 x 30 hari= Rp. 27.000.000
-Dikurangi semua biaya pengeluaran= (Rp.
21.400.000)
-Keuntungan
perbulan kami= Rp 10.100.000
BAB
VII
PENUTUP
KESIMPULAN
Usaha Hapsari Hijab merupakan usaha yang memproduksi
gamis dan khimat syar’i yang sesuai dengan syariat Islam, dimana akan membantu
para muslimah yang ingin berhijrah dan menambah koleksi pakaiannya. Produk
Hapsari Hijab nantinya selain akan memproduksi gamis dan khimar, akan menambah
produknya yakni pada handsock serta kaos kaki, dan lainnya yang merupakan
kebutuhan para muslimah. Perbedaan produk Hapsari Hijab dengan lainnya adalah
pada bagian model dan motif, kualitas bahan, dan cutting. Dimana Hapsari Hijab
memiliki banyak model dan motif yang menjadi pilihan dan dapat di sesuaikan
menurut usia dan selera konsumen, kualitas bahan yang tidak abal-abal
menjadikan khas tersendiri umtuk Hapsari Hijab, dan proses cutting yang sangat
diperhatikan menjadikan produk Hapsari Hijab berkualitas dan di gemari
masyarakat, terutama wilayah Kabupaten Kudus yang mana merupakan wilayah wisata
Sunan Kudus dan Sunan Muria yang seringkali di datangi oleh para penziarah.
Selain itu, bisnis ini dirasa sangat kompeten karena pesaingnya pun belum ada
uang menjual produk sejenis.
Untuk strategi pemasaran Hapsari Hijab, kami akan
mempromosikan produk kami via sosmed yang mana nantinya kami akan open reseller
di tiap kota, seta kami akan mempromosikan produk kami juga lewat event
misalnya bazar atau pameran sehingga semakin tau konsumen tentang produk kita.
Untuk memuaskan konsumen, kami juga menampung kritik, saran dan ide melalui
akun sosmed khusus dari kami, yang mana akan kami share dan rundingkan bersama
para reseller kami. Dengan profit atau keuntungan kurang lebih Rp. 10.100.000
per bulan, maka usaha ini layak untuk dijalankan.
DAFTAR PUSTAKA
Sukirman. 2014. Kewirausahaan
(Kasus dan Implementasi). Edisi 7. Galaksi Nusindo: Semarang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar